Home || Materi || Pelatihan || Pelatihan dan Pendidikan Kecakapan Hidup bagi Ibu Rumah Tangga

Pelatihan dan Pendidikan Kecakapan Hidup bagi Ibu Rumah Tangga

 

YOGYAKARTA, BPPM- Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Provinsi DIY telah melaksanakan kegiatan Pelatihan dan Pendidikan Kecakapan Hidup bagi Ibu Rumah Tangga untuk meningkatkan Ekonomi dan Pendapatan Keluarga. Pelatihan ini dilaksanakan di AKS Tarakanita, Pringwulung, Yogyakarta selama 5 angkatan mulai tanggal 6 Juli sampai 7 Agustus 2009.

Dalam mencapai target Pembangunan Milenium, maka BPPM merasakan perlu untuk melakukan investasi pada perempuan dan anak perempuan. Dipandang dari sudut hak asasi manusia maupun dari sudut pandang politik dan ekonomi, investasi pada perempuan sungguh bermakna. Karena hal ini berarti melakukan investasi pada keluarga, masyarakat dan bangsa. Jika perempuan memiliki akses terhadap sumber daya, mereka akan menggunakanny untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga sehingga pada masa depan keluarga termasuk anak-anak punya masa depan yang lebih baik. Hal ini dibuktikan di berbagai belahan dunia, bahwa peningkatan partisipasi perempuan dan peningkatan pendapatan perempuan dapat menurunkan kemiskinan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

 

          Pelatihan ini antara lain memberikan materi praktek pembuatan aneka kue kering, aneka kue cake, aneka roti, kudapan kering serta kudapan khas lokal seperti serba ikan laut/ikan air tawar (nugget, bakso, abon) untuk Kab. Sleman dan Kab. Bantul; serba pisang (gethuk pisang, dodol pisang, cake pisang) untuk Kota Yogyakarta , serba gaplek/singkong (tela-tela, kue kering, bolu kukus dan tiwul) untuk Kab. Gunungkidul, serba empon-empon (jamu instan, sirup rempah) untuk Kab. Kulonprogo. Adapun peserta yang diundang adalah Ibu-ibu Rumah Tangga yang masuk klasifikasi miskin dan rentan (single parent, korban KDRT, emmpunyai suami yang cacat permanen) prioritas peserta Kab./kota se provinsi DIY dari Desa Prima Tahun 2008.

 

          Narasumber dalam pelatihan ini antara lain dari Universitas Islam Negeri Yogyakarta, Akademi Kesejahteraan Sosial Tarakanita Yogyakarta, dan BPPM Prov DIY. Kegiatan yang dibiayai oleh APBD tahun 2009 ini diharapkan mampu membekali Ibu-ibu Rumah tangga dengan ketrampilan jasa boga dan menumbuhkan jiwa wirausaha sehingga dapat meningkatkan ekonomi dan pendapatan keluarga, sehingga kesejahteraan akan tercapai. (LSA)